18 January 2015

Macam - macam Saus dan Minyak serta Kegunaan-nya


Di bawah ini adalah aneka saus dan minyak serta kegunaannya :
  • Kecap Manis / Sweet Soy Sauce
    Kecap manis adalah sejenis kecap kental seperti sirup yang rasanya manis. Bahan baku yang digunakan adalah kacang kedelai hitam, gula kelapa, garam, dan air.

    Kacang kedelai hitam difermentasi selama beberapa bulan. Kecap jenis ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, dan menjadi salah satu bahan masakan penting dalam masakan Indonesia, misalnya nasi goreng, mi goreng, sate, tongseng, semur.

    Kecap manis juga kerap kali dicampur dengan sambal menjadi sambal kecap. Kecap dapat dicampur bersama masakan ketika dimasak, atau dinikmati sebagai saus.

  • Kecap Asin / Soy Sauce / Salty Soy Sauce
    Kecap asin adalah sejenis kecap yang rasanya asin. Kecap asin merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi di dalam larutan garam.

    Kecap berwarna coklat tua, berbau khas, rasa asin dan dapat mempersedap rasa masakan. Kecap asin terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut.

  • Minyak Wijen / Sesame Oil
    Minyak wijen adalah minyak nabati yang berasal dari ekstraksi biji wijen. Minyak wijen terdiri dari dua jenis, minyak dari biji wijen yang telah disangrai dan minyak dari biji wijen mentah.

    Di India Selatan dan Myanmar, minyak wijen dari dari biji wijen mentah dipakai sebagai minyak goreng. Minyak wijen dituangkan sebagai penyedap dalam masakan Korea, Cina, dan Taiwan. Sebagian besar masakan Korea memakai minyak wijen.

  • Kecap Inggris / Worcestershire Sauce
    Kecap inggris adalah saus berbentuk cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan aroma yang harum. Kecap inggris dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih.

    Saus ini memiliki rasa yang benar-benar lezat, perpaduan antara gurih, manis, dan asam. Tak heran jika ia sering sekali dipakai sebagai saus perendam bahan mentah seperti daging dan ayam sebelum dimasak.

    Atau jika kamu gemar menyantap yakiniku (bakar-bakaran) di restoran Jepang, jangan ragu untuk memasaknya di rumah dengan hanya menggunakan saus ini sebagai bumbu perendamnya.

  • Saus Tiram / Oyster Sauce
    Saus tiram adalah saus kental berwarna agak kehitaman dalam masakan Tionghoa yang dibuat dari bahan dasar tiram dan mempunyai rasa gurih dan asin.

    Saus tiram berkualitas tinggi dibuat tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan garam, monosodium glutamat (vetsin) dan tanpa bahan pengawet. Saus tiram juga ada yang masih mengandung potongan kecil daging tiram.

    Saus tiram berkualitas tinggi berharga mahal sehingga saus tiram untuk konsumsi masyarakat banyak dibuat dari sedikit kaldu tiram encer ditambah tepung pengental, karamel gula dan monosodium glutamat.

    Saus tiram sangat dikenal karena namanya selalu tersangkut di dalam nama olahan hasil laut seperti kepiting saus tiram, udang saus tiram, dll. Tapi tidak hanya masakan seafood, masakan sayuran seperti ca kangkung, ca brokoli juga banyak menggunakan saus tiram.

  • Saus Teriyaki / Teriyaki Sauce
    Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran 1:1:1.

    Kata teriyaki berasal dari kata teri yang artinya bersinar (karena mengandung gula), dan kata yaki yang artinya dibakar atau dipanggang.

    Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak.

    Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

  • Saus Barbeque / Bbq Sauce
    Daging panggang, daging bakar, daging goreng, siap saji dalam hitungan menit tanpa meminggirkan rasa dan aromanya, hanya dengan menggunakan saus ini.

    Bahannya terdiri dari bawang putih dan bawang bombai cincang yang ditumis harum lalu ditambah worcestershire (yang sering disebut dengan kecap Inggris), saus tomat, garam, lada, dan pala bubuk. Juga ditambah gula, garam, dan mustard. Untuk rasa segarnya masukkan sedikit cuka dan kaldu lalu masak di atas api kecil sampai kental.

  • Saus Spageti Bolognese / Bolognaise Sauce
    Santapan Italia paling terkenal di dunia, bisa kamu sajikan dengan cepat tanpa ribet dan pastinya mengenyangkan, dengan hanya menuangkan saus ini diatas pastamu.

  • Minyak Zaitun / Olive Oil
    Minyak yang satu ini menjadi selebriti di daerah Eropa dan Amerika.
    Hampir semua sajian barat yang menggunakan bahan dasar minyak akan lebih mengutakan penggunaan minyak zaitun ketimbang minyak jenis lain seperti minyak sawit (vegetable oil) yang justru lebih banyak digunakan dalam masakan Asia.

    Minyak jenis ini memiliki aroma yang khas dan lebih wangi ketimbang minyak jenis lain sehingga bisa langsung dimakan mentah-mentah sebagai dressing salad, atau sebagai bahan dasar dalam menumis. Untuk lidah Asia yang belum terlalu biasa menggunkan minyak ini, lebih baik memilih jenis Light Olive Oil ketimbang Pure ataupun Virgin Olive Oil.

  • Mayonnaise
    Mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

    Di Amerika Utara, mayones digunakan sebagai olesan sandwich, saus untuk french fries di Eropa (terutama di Belanda, Belgia, Luxemburg dan telah meluas ke Inggris, Perancis, sebagian Kanada dan Australia). Di Perancis mayones digunakan sebagai saus makan telur rebus atau hidangan ayam dingin, sedangkan di Jepang digunakan sebagai saus berbagai macam makanan seperti okonomiyaki, yakisoba, takoyaki, ebi furai dan pizza.

  • Saus Tar-tar / Tar-tar Sauce
    Tergila-gila dengan snack restoran macam onion ring, calamari, spring roll, atau chicken fritters? pasti juga tidak pernah bisa lepas dari saus putih yang selalu ada ditengah-tengah cemilan tadi. Rasanya yang gurih, manis, asam, dan sedikit beraroma bawang membuat saus tar-tar begitu digemari oleh lidah Asia.

    Saus tartar (di Inggris, Selandia Baru dan Australia, saus tartare) adalah saus berbasis mayones, biasanya dari konsistensi kasar. Hal ini sering digunakan sebagai bumbu dengan hidangan seafood.

  • Saus Tabasco / Tabasco Saus
    Tabasco adalah merek dagang untuk berbagai jenis saus cabai yang dibuat dari cuka, cabai jenis Capsicum frutescens var. tabasco, dan garam. Sebelum dibotolkan, saus ini disimpan selama 3 tahun di dalam tong yang dibuat dari kayu ek putih. Dengan demikian saus ini memperoleh rasa dan aromanya yang unik. Saus ini rasanya pedas sedikit asam, dan populer di banyak negara di dunia. Saus ini diproduksi di Amerika Serikat, tetapi namanya berasal dari nama negara bagian Tabasco di Meksiko.

    Saus tabasco dipasarkan perusahaan Amerika Serikat bernama McIlhenny Company asal Avery Island, Louisiana. Perusahan McIlhenny adalah perusahaan keluarga. Pemiliknya yang sekarang adalah pemilik generasi ke-5. Keseluruhan dari 145 pemegang sahamnya masih sanak keluarga yang mewariskan saham perusahaan secara turun temurun
Back to Top